Pages

Sunday 17 June 2012

Syahadat

Syahadat merupakan salah satu dari Rukun Islam. Syahadat adalah pernyataan kepercayaan dalam keesaan Allah dan Nabi Muhammad sebagai Rasul-Nya.

Syahadat sering disebut dengan Syahadatain karena terdiri dari 2 kalimat (Dalam bahasa arab Syahadatain berarti 2 kalimat Syahadat).


Kedua kalimat syahadat itu adalah:

Kalimat pertama :
asyhadu allaa ilaaha illallaah
artinya : Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah

Kalimat kedua :
wa asyhadu anna muhammadarrasuulullaah
artinya : dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah Rasul / utusan Allah
Rasulullah bersabda kepada Muadz bin Jabal saat mengutusnya ke penduduk Yaman, “Kamu akan datang kepada kaum ahli kitab. Jika kamu telah sampai kepada mereka, ajaklah mereka agar bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan Muhammad utusan Allah. Jika mereka mentaatimu dalam hal itu, beritakan kepada mereka bahwa Allah telah mewajibkan kepada mereka lima shalat setiap siang dan malam. Jika mereka mentaatimu dalam hal itu beritakan kepada mereka bahwa Allah telah mewajibkan sedekah (zakat) yang diambil dari orang-orang kaya di antara mereka dan dikembalikan kepada orang-orang miskin. Jika mereka mentaatimu dalam hal itu, hati-hatilah kamu terhadap kemuliaan harta mereka dan waspadalah terhadap doanya orang yang dizalimi, sebab antaranya dan Allah tidak ada dinding pembatas.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dari Abdullah bin Umar bahwa Rasulullah saw. bersabda:

“Aku diperintahkan untuk memerangi manusia sampai mereka bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan Muhammad utusan Allah, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat. Jika mereka telah melakukan hal itu, terperiharalah darah dan harta benda mereka kecuali dengan haknya, sedangkan hisab mereka kepada Allah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

1 comment:

  1. How to make money with online bookmakers in the USA - Work
    It is easy to make money on the internet, and we make money from betting on sports. We provide a variety of payment options หาเงินออนไลน์ to help you

    ReplyDelete