Pages

Tuesday 19 June 2012

Assalamu'alaikum ...

 Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh



Salam sapaan untuk umat muslim yang didalamnya terdapat Doa.
"Assalamualaykum" yang artinya "Keselamatan atas kalian"
"Warahmatullahi" yang artinya "dan rahmat Allah"
"Wabarakatuh" yang artinya "dan berkah Allah"

jadi secara keseluruhan makna yakni
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
"Semoga keselamatan,rahmat dan berkah Allah atas kalian"

ketika kita bertemu dengan sesama muslim kita disunahkan untuk mengucap salam. karena dengan salam kita telah mendoakan atas keselamatan, rahmat dan berkah dari Allah. dan ketika mendengar salam (Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh) dari muslim lain hendaknya kita juga menjawab salam tersebut dengan salam (Wa'alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh) yang atrinya "Dan semoga keselamatan,rahmat dan berkah Allah atas kalian juga"

Dalam kehidupan sehari-hari kita hendaknya membiasakan untuk mengucap salam ketika bertemu dengan sesama muslim. selain kita juga menjaga silaturahmi kita juga menjalin keakraban sesama muslim.

Pernahkan kalian mendengar ucapan salam atau melihat tulisan salam yang di singkat? sebaiknya kita jangan meniru hal tersebut. karena salam yang disingkat bisa bermakna lain. bahkan bisa menyesatkan. walaupun yang kita maksud untuk menyapa atau mengucap salam tetapi belum tentu orang yang membaca atau mendengar mengartikan sama dengan apa yang kita maksud.

semoga ini bisa menjadi pelajaran yang baik untuk kita semua, mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan atau dalam merangakai kata. mohon kritik dan sarannya.

1 comment:

  1. dibenahin tuh yg jawaban salamnya
    wa'alaikumussalama tp tulisan arab nya kok wassalamu'alaikum

    ReplyDelete